Menggeluti Karier IT Support
09 Sep 2022

Menggeluti Karier IT Support


Apakah kamu jenis orang yang suka memecahkan masalah dan membantu orang lain? Kemungkinan besar, kamu cocok berkarier di bidang IT Support.

Bisnis, organisasi nirlaba, sistem sekolah, dan organisasi pemerintah semuanya bergantung pada teknologi. Komputer rusak, sistem gagal, telepon mati—bila itu terjadi, kita membutuhkan para ahli untuk memperbaikinya. IT Support adalah tentang pemecahan masalah dan senantiasa menyediakan layanan pelanggan yang baik.

Lalu, siapakah sebenarnya orang yang menggeluti bidang IT Support?

Definisi

Orang yang secara profesional berkarier di bidang IT Support adalah pakar dalam melakukan tugas dukungan TI sehari-hari termasuk perakitan komputer, jaringan nirkabel, menginstal program, dan layanan pelanggan. Hal ini termasuk menyiapkan komputer untuk pengguna dalam suatu organisasi, mengawasi sistem komputer, dan membantu setiap kali ada masalah yang muncul.

Mereka dapat memberikan dukungan pelanggan secara menyeluruh, mulai dari mengidentifikasi masalah hingga pemecahan masalah dan debugging.

Bidang ini termasuk keahlian dalam menggunakan sistem umum seperti Linux, sistem penamaan domain, antarmuka baris perintah, dan kode biner.

Karier Seorang IT Support

Menurut Google, IT Support adalah salah satu bidang karier yang tengah berkembang pesat. Hal ini karena hampir setiap perusahaan yang karyawannya menggunakan komputer membutuhkan tenaga IT Support profesional.

Berikut ini posisi yang ditawarkan bagi mereka yang menggeluti bidang IT Support di tahun 2022:

  • Teknisi Help-desk
  • System Analyst
  • Support Specialist
  • Administrator Basis Data
  • Teknisi IT
  • User Computer Specialist

Mayoritas posisi IT support tidak memerlukan gelar sarjana, tetapi mereka memang membutuhkan keterampilan atau pengalaman sebelumnya. Keterampilan dan pengalaman ini bisa didapatkan melalui program Sertifikat Profesional Google (Google Career Certificate) yang bertujuan memberikan keterampilan siap kerja agar dapat menarik perhatian calon pemberi kerja.

Menurut survei lulusan program Sertifikat Profesional Google, 75% melaporkan adanya peningkatan karier dalam waktu 6 bulan setelah mereka menyelesaikan program.

Nah, pada program Baparekraf Digital Talent (BDT) ini, kamu berkesempatan mendapatkan fasilitasi berupa paket materi Sertifikat Profesional Google IT Support. Menarik bukan?

Bagaimana?

Sudah siap memulai langkah kariermu melalui Baparekraf Digital Talent 2022 – Tahap 2?

Segera daftar sekarang juga melalui link ini (klik untuk buka) sebelum ditutup pada 30 September 2022.

Baparekraf Digital Talent 2022 Team