Menggeluti Karier Analisis Data
08 Sep 2022

Menggeluti Karier Analisis Data


Apakah kamu jenis orang yang suka mengungkap tren atau pola, dan visualisasi? Kemungkinan besar, kamu cocok berkarier di bidang Analisis Data.

Data adalah sekelompok fakta yang ditampilkan dalam berbagai bentuk, seperti angka, gambar, kata, video, pengamatan, dan banyak lagi. Analisis Data adalah pengumpulan, transformasi, dan penataan data untuk menarik kesimpulan, membuat prediksi, dan memberi informasi dalam mengambil keputusan yang tepat.

Lalu, siapakah sebenarnya orang yang menggeluti bidang Analisis Data?

Definisi

Orang yang secara profesional berkarier di bidang Analisis Data adalah pakar dalam menafsirkan data dan angka untuk membantu organisasi mengambil keputusan bisnis yang lebih baik. Mereka mempersiapkan, memproses, menganalisis, dan memvisualisasikan data, menemukan pola dan tren sembari menjawab hal-hal penting yang menjadi pertanyaan. Hasil kerja mereka memberi wawasan yang lebih luas kepada tim terkait agar mereka mengambil keputusan bisnis yang lebih baik.

Untuk menjadi pakar dibutuhkan keterampilan analitis utama yaitu pembersihan data, analisis, dan visualisasi. Dalam pengerjaannya, mereka dapat menggunakan alat seperti aplikasi spreadsheet, SQL, pemrograman R, dan Tableau.

Bidang ini termasuk memahami cara membersihkan, mengatur data analisis, dan menyelesaikan perhitungan menggunakan aplikasi spreadsheet, SQL dan pemrograman R.

Seseorang yang menggeluti bidang Analisis Data juga perlu keahlian dalam memvisualisasi dan menyajikan temuan data di dasbor, melalui presentasi, dan menggunakan platform visualisasi yang umum digunakan.

Karier Bidang Analisis Data

Menurut Google, Analisis Data adalah salah satu bidang karier yang tengah berkembang pesat. Hal ini karena semua jenis perusahaan maupun organisasi membutuhkan seorang analis data untuk memperbaiki proses operasional mereka, mengidentifikasi peluang dan tren, meluncurkan produk baru, dan membuat keputusan yang tepat.

Berikut ini posisi yang ditawarkan bagi mereka yang menggeluti bidang Analisis Data di tahun 2022:

  • Analis Data
  • Administrator Database

Menariknya, berkarier di bidang Analisis Data tidak membutuhkan latar belakang IT. Sering kali, orang yang mulai belajar bidang ini tidak memiliki pengalaman atau gelar apa pun di bidang IT. Mereka bisa mempersiapkan diri untuk bekerja di bidang Analisis Data melalui program Sertifikat Profesional Google (Google Career Certificate) yang bertujuan memberikan keterampilan siap kerja agar dapat menarik perhatian calon pemberi kerja.

Menurut survei lulusan program Sertifikat Profesional Google Analisis Data yang diadakan dari Januari 2018 hingga Januari 2021, 82% melaporkan hasil yang positif seperti pekerjaan baru, promosi, atau kenaikan gaji dalam kurun waktu 6 bulan.

Nah, pada program Baparekraf Digital Talent (BDT) ini, kamu berkesempatan mendapatkan fasilitasi berupa paket materi Sertifikat Profesional Google Analisis Data. Menarik bukan?

Bagaimana?

Sudah siap memulai langkah kariermu melalui Baparekraf Digital Talent 2022 – Tahap 2?

Segera daftar sekarang juga melalui link ini (klik untuk buka) sebelum ditutup pada 30 September 2022.

Baparekraf Digital Talent 2022 Team